Norma kesopanan

Author: nha ancip // Category:

A.    Pengertian Norma Kesopanan

       Norma Kesopanan adalah aturan atau peraturan yang timbul dan diadakan oleh masyarakat itu sendiri untuk mengatur pergaulan sehingga masing-masing anggota masyarakat agar saling menghormati.Hakikat norma kesopanan adalah kepantasan, kepatuhan, atau kebiasaan yang berlaku dalam masyarakat. Norma kesopanan sering disebut dengan sopan santun, tatakrama atau adat istiadat.Norma kesopanan tidak berlaku bagi seluruh masyarakat dunia, melainkan bersifat khusus dan setempat (regional) dan hanya berlaku bagi segolongan masyarakat tertentu saja. Apa yang dianggap sopan bagi segolongan masyarakat, mungkin bagi masyarakat lain tidak demikian.
       Norma  kesopanan adalah petunjuk hidup bagi seseorang harus bertingkah laku. Disamping itu, Norma kesopanan mengatur sikap dan tingkah laku manusia dalam bermasyarakat untuk senantiasa bersikap sopan.
       Norma Kesopanan dibentuk oleh masyarakat untuk menjadi pedoman dalam kehidupan masyarakat. Ketidakpatuhan terhadap norma ini tidak mengakibatkan kita dicela oleh masyarakat. Norma kesopanan dalam masyarakat tidak tertulis, melainkan diterima oleh masyarakat atas dasar adat istiadat yang berlaku dalam masyarakat. Sopan santun menunjukan cirri manusia yang beradab dan berasusila.
       Pelanggaran terhadap Norma kesopananan memperoleh sanksi dari masyarakat, misalnya akan dikatakan sebagai orang yang tidak memiliki sopan santun dan dikucilkan dari pergaulan.
       Pelanggaran norma agama diancam dengan hukuman dari Tuhan dan hukumannya kelak berlaku di mata masyarakat. Pelanggaran normakesusilaan mengakibatkan perasaan cemas dan kesal kepada sipelanggar yang insaf. Pelanggaran norma kesopanan mengakibatkan celaan atau pengasingan dari lingkungan masyarakat.
       Hukuman- hukuman semacam itu tidak mendapat perhatian dari orang-orang yang tidak mengenal atau tidak memperdulikan agama, kesusilaan, dan kesopanan. Orang-orang juga tidak terikat dengan jenis peraturan hidupitu, sehingga mereka bebas untuk berbuat sesukahatinya. Sikap yang demikian tentulah membahayakan masyarakat. Oleh karena itu, selain tiga jenis peraturan hidup itu, juga perlu adanya suatu jenis peraturan yang bersifat memaksa dan mempunyai sanksi-sanksi yang tegas.Jenis peraturan yang dimaksud adalah norma hukum.

B.     Contoh Norma Kesopanan dalam Kehidupan Sehari- hari
Contoh Norma kesopanan dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut :
1.      Berilah tempat terlebih dahulu kepada wanita didalam kereta api, bus dan lain-lain terutama wanita yang tua, hamil atau membawa bayi,
2.      Jangan makan sambil berbicara,
3.      Janganlah meludah dilantai atau sembarangan tempat dan,
4.      Orang muda harus menghormati orang yang lebih tua,
5.      Janganlah berdesak-desakan memasuki ruangan,

0 Responses to "Norma kesopanan"

Posting Komentar